Friday, January 7, 2011

Ini Dia Sepatu Multigaya


Detail Berita
Wedges multigaya (Foto: Google)
TAHUN 2011, sepatu hadir multigaya, tetapi dengan beberapa detail kunci, seperti embellishment, motif emboss, dan napas yang lebih chic.

Editor situs mode Fashion-era.com, Pauline Weston Thomas, mengatakan, perasaan wanita terhadap sepatu sebanding dengan kekagumannya terhadap perhiasan. Tak heran bila sepatu sangat dekat dengan wanita dan banyak wanita yang menjadi shoe fetish. Sebuah jurnal psikiatri menyebutkan bahwa sepatu merupakan salah satu kepuasan, simbol seksualitas, dan kekuatan feminin bagi kaum hawa. Jadi, tidak heran bila setiap musimnya, para desainer bekerja keras menghadirkan the it shoes, sepatu yang akan menjadi simbol,must have item pada musim ini, bahkan melebihi mode itu sendiri.

Hal itu tidak bisa dimungkiri, ketika sepasang sepatu yang menjadifashion statement dikenakan, penampilan pun otomatis terdongkrak prima. “Dengan sepasang sepatu baru, baju lama akan termodifikasi dan baju baru terlihat semakin sempurna. Bahkan, bisa jadi kaki terlihat lebih langsing dengan bantuan hak tinggi,” papar Thomas. Dia menilai, wajar bila sepatu selalu masuk dalam daftar belanjaan para wanita setiap bulannya.

Gina La Morte, penata gaya selebriti Hollywood, sekaligus pengasuh situs TheStyleDoctor.commengatakan, “Setiap wanita selalu membeli sepasang sepatu hitam setelah mereka membeli sepasang sepatu hitam pada bulan lalu dan mereka akan tetap membeli sepatu hitam pada bulan yang akan datang. ”Sementara, Carrie Bradshaw, tokoh ikonik serial televisi ‘Sex and The City’, mengatakan, setiap wanita membutuhkan sepasang sepatu lebih banyak dari yang sudah mereka miliki. Singkat kata, sepatu adalah kebutuhan “primer” para wanita. Karena itu, berterima kasihlah kepada para desainer yang telah menyediakan ragam sepatu untuk menemani langkah kaki Anda pada tahun baru. Dalam situsnya, Thomas menulis, gaya sepatu musim semi 2011 bergeser dari tren pada tahun lalu yang mengandalkan bentukan rigid dan permainan warna. Musim ini sepatu hadir dalam berbagai variasi gaya.

Thomas mengungkapkan, hal tersebut terjadi karena desainer sudah mulai jenuh dengan arus besar gaya minimalis yang terus mendominasi selama beberapa tahun terakhir. Didukung dengan semakin membaiknya iklim ekonomi, para desainer pun mulai menghadirkan gaya yang lebih fun. Tidak hanya dari segi permainan warna, melainkan juga bentuk, detail, dan jenis hak.

Senada dengan Thomas, situs Suite101.Com mengemukakan pada tahun 2011 ini, sepatu hadir multigaya, tetapi dengan beberapa detail kunci, seperti embellishment, motif emboss, dan gaya yang lebih chic. Jika pada tahun lalu stiletto mendominasi catwalk, musim semi ini justru alas kaki dengan hak yang lebih rendah menjadi pilihan banyak desainer. Ballerina flats, wedges, kitten heels, dan clogsmenjadi alternatif baru yang mewarnai pilihan alas kaki pada 2011.

Krista Tannahill, editor mode Suite101.Com, mengatakan, “Ballerina flats tidak hanya tampil dengan ujung bulat, juga ujung runcing yang lebih chic. Selain itu, jenis sepatu ini akan bertahan sepanjang tahun berkat kenyamanan dan kepraktisannya.”

Dia juga menyebutkan, ballerina flats akan hadir dalam beragam warna, motif, dan material. Tannahill mengatakan, beberapa label yang bisa menjadi referensi adalah sequin ballet flat dari Kate Spade ataucarson studded ballet dari Frye.

Jenis sepatu lain yang juga akan bertahan sepanjang tahun 2011 adalah wedges dengan bentuk seperti jasmin high-heeled wedges dari Giuseppe Zanotti dan wooden wedge heel dari See by Chloe sebagai referensi utama. “Wedges terlihat paling bagus saat dipadankan bersama terusan atau rok dan blus cantik,” papar Tannahill.

Adapun untuk menghadirkan suasana musim panas dengan sedikit napas etnik, clog menjadi jenis alas kaki yang layak dilirik. Tannahill mengatakan, 2011 akan menjadi tahun kembalinya kitten heels ke ranah mode setelah beberapa musim pamornya terkalahkan platform shoes dan stiletto. Jenis hak bernapas era 1950-an dan 1960-an ini hadir karena wanita menginginkan kenyamanan, selain gaya. Hak rendah yang dimiliki kitten heels tentunya jauh lebih nyaman ketimbang hak-hak tinggi ala stiletto.

Selain itu, kitten heels pun bisa tampil dalam beragam bentuk, mulai yang penuh embellishment, pointy,retro, hingga minimalis. Lainnya, ada yang menghadirkan sisi playful dengan menawarkan bentuk yang tidak biasa atau kombinasi warna unik. Ada juga yang memberikan point of attention, baik berupa ornamen, motif, maupun detail seperti rumbai dan tassel. Dari segi warna, varian palet cerah tampil dalam beragam tone, menemani mood yang lebih gloom, gelap, dan misterius, seperti halnya hitam, kelabu, cokelat tanah, marun, dan ungu gelap.

Sementara untuk bentuk sepatu, gaya klasik layaknya square toe, round toe, dan mary-jane akan tetap bertahan dengan twist yang membuat kehadirannya semakin edgy. Gaya ini terlihat di panggung milik Calvin Klein, Marni, dan Prada. Adapun mereka yang menyukai gaya fearless female, pointed shoe alias sepatu berujung lancip pun kembali marak pada musim ini. Berbicara detail, sepatu pun tak lepas dari permainan ornamen, material, dan aksen. Anna Sui bermain dengan rumbai dan motif.

Begitu pula Gucci yang menghadirkan total look bohemian. Sementara, Diane von Furstenberg mencoba gaya yang lebih maskulin dengan detail stud, ritsleting, dan logam. Tali temali pun ikut memeriahkan tren alas kaki musim semi 2011. Detail tersebut hadir di ankle boots dan menjadi pemanis bagi mary-jane, atau mempertegas citra maskulin ragam sepatu T-bar. Hal ini seperti yang terlihat pada koleksi Alexander McQueen, Bottega Veneta, Derek Lam, Donna Karan, dan Prada. (SINDO//tty)

Sumber: lifestyle.okezone.com

No comments:

Post a Comment